THE INFLUENCES OF ENTREPRENEUR BEHAVIOR AND GROUP PARTICIPATION AGAINST BUSINESS PERFORMANCE THROUGH MOTIVATION

Danny Hendra Irawan, Hamidah Nayati Utami, Yusri Abdillah

Abstract


Perkembangan UKM menjadi salah satu hal yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Salah satu UKM yang saat ini terus berkembang adalah UKM di bidang pariwisata. UKM di bidang pariwisata merupakan bentuk kemandirian ekonomi masyarakat, seperti UKM kerajinan batik khas Blitar yang merupakan produk pariwisata. Dalam penelitian ini, menjelaskan tentang pengaruh entrepreneur behavior dan group participation terhadap kinerja usaha yang di mediatori oleh variabel motivasi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner alat pengumpul data primer yang disebarkan kepada pemilik UKM batik khas Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dengan menjadikan seluruh pemilik UKM batik khas Blitar menjadi sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 77 responden. Analisis jalur dengan menggunakan SPSS 20,0 dipilih untuk menganalisis pengaruh variabel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa entrepreneur behavior dan group participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan terhadap kinerja usaha.

Kata Kunci: entrepreneur behavior, group participation, motivasi, kinerja usaha.

ABSTRACT

Small Medium EnterpriseS (SME) development is one of essentials matters in Indonesia’s economy. One of SME s which currently keeps growing is SME in tourism sector. SME in this sector is the form of people’s economic independence, for example batik craft SME from Blitar which is a tourism product. This research explains about the influence of entrepreneur behavior and group participation against business performance managed by the variable of motivation. This type of research is an explanatory research using questionnaire as a primary data collection tool distributed to the owners of Blitar batik SME s. The sample of this research is saturated sample by making all Blitar batik SME owners as research samples up to 77 respondents. Path analysis using SPSS 20.0 is selected to analyze the influence of the variable in this research. The result of this research shows that entrepreneur behavior and group participation bring positive and significant influences against motivation and business performance.

Keywords: entrepreneur behavior, group participation, motivation, business performance.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.9876/10.9876/VOL1ISSN1978-743X

Refbacks

  • There are currently no refbacks.