Kemitraan Kementerian Agama Kota Batu dan PT Bank BNI Syariah Kota Batu dalam Inovasi Meningkatkan Pelayanan Administrasi Ibadah Haji

Novi Indah Sari

Abstract


Proses penyelenggaraan pelayanan administrasi ibadah haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dihadapkan pada proses yang masih belum efektif dan efisien, utamanya pada tahapan pendaftaran haji. Kementerian Agama menjalin kemitraan dengan Bank Penerima Setoran Ibadah Haji(BPS BPIH), yang dalam hal ini adalah PT Bank BNI Syariah. Pada proses pendaftaran haji, Calon Jamaah Haji (CJH) harus melalui empat tahap proses yang dilakukan di dua tempat yang berbeda. SistemTekhnologi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) diguanakan sebagai “jantung” pelayanan, yang dalam prosesnya selalu dilakukan inovasi untuk memperbaiki kekurangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dengan kemitraan yang terjalin antara Kementerian Agama Kota Batu dan PT Bank BNI Syariah Kota Batu dan Inovasi yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kualitas pelayanan ibadah haji dirasakan lebih baik oleh masyarakat dengan adanya kemitraan yang terjalin dan inovasi baru yang diciptakan, namun kemitraan yang terjalin belum sampai pada tahap joint service”satu atap” dan inovasi baru yang diaplikasikan perlu disosialisaikan terhadap petugas dan dievaluasi secara berkala.


Keywords


partnership, innovation, Ministry of Religious Affairs, BNI Syariah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.